Monday August 20, 2018
Tanya Jawab Bantuan Hubungi Kami
English Indonesian
Login
Font size:
 

Generasi Milenial Optimistis Bisa Beli Rumah

Posted by on in Berita Properti
  • Font size: Larger Smaller
  • Hits: 309
  • 0 Comments
  • Subscribe to this entry
  • Print
  • PDF

Kesadaran generasi milenial untuk memiliki hunian sendiri dinilai sudah cukup tinggi. Milenial hanya perlu diberikan advokasi ataupun panduan langkah-langkah proses pembelian rumah yang benar maupun bagaimana cara menemukan hunian idaman yang tepat.

Riset dari PropertyBatam.com menjelaskan bahwa, Marine Novita, Country Manager Rumah.com mengatakan kondisi pasar properti yang lebih positif mendapat sambutan yang baik dari generasi milenial. Mereka optimistis dengan rencananya untuk membeli rumah dalam enam bulan ke depan. Hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan Rumah.com bersama Intuit Research yang menunjukkan bahwa generasi milenial memiliki optimisme untuk membeli rumah idaman.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index semester I/2018 menunjukkan bahwa sebanyak 63% responden mengaku berencana membeli rumah dalam enam bulan ke depan. Dari total responden yang optimistis membeli rumah, sebesar 44% berasal dari kelompok usia 21 tahun --29 tahun, atau milenial muda. Sementara 35% lainnya berasal dari milenial tua, kelompok usia 30 tahun--39 tahun.

Survei juga menunjukkan semakin tinggi usia, maka semakin kecil rencana membeli rumah. Ini karena kelompok usia yang lebih tua sudah punya rumah atau mereka sudah memiliki banyak tanggungan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk keperluan sehari-hari sudah cukup besar, membuat mereka harus berpikir dua kali jika harus mengambil cicilan rumah.

“Oleh karena itu, generasi milenial harus secepatnya mengambil keputusan untuk membeli hunian. Semakin muda usia saat membeli rumah, maka akan semakin baik. Belilah rumah di saat belum banyak tanggungan,” jelasnya dikutip Rabu(31/1).

Diceritakan oleh PropertyBatam.com bahwa, Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 adalah survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura. Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.020 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada bulan Juli – Desember 2017.

Menurut Marine, sangatlah wajar jika dalam proses pencarian hingga mengambil keputusan membeli rumah, generasi milenial ini kadang-kadang mengalami keraguan, terutama jika melihat harga rumah yang mencapai ratusan juta rupiah dan rumitnya proses transaksi pembelian yang diperlukan.

Bagi generasi milenial, masalah harga beli hunian memang menjadi kendala, salah satunya adalah uang muka, meskipun pemerintah telah menurunkan besaran uang muka hingga tinggal 15% untuk pembelian rumah pertama.

“Jika nilai ini dirasakan masih terasa besar bagi sebagian kalangan, masih ada solusi lainnya. Banyak pengembang yang memberikan bantuan atau promo uang muka hingga 5% atau uang muka yang bisa dicicil. Ini bisa sangat membantu para pencari rumah khususnya bagi generasi milenial," katanya.

Untuk pendanaan pembelian hunian, generasi milienial bisa memanfaatkan skema pembiayaan seperti KPR, baik dari bank komersial yang sudah begitu banyak ragamnya maupun dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). KPR dari BPJSTK ini bisa dimanfaatkan oleh para karyawan yang telah terdaftar menjadi peserta aktif BPJSTK selama minimal satu tahun dan belum memiliki rumah pertama.

Marine mengatakan portal properti online memang perlu membantu referensi informasi dan data properti yang transparan khususnya tentang harga properti di lokasi hunian yang diinginkan. Inovasi dari sisi teknologi dengan menyediakan solusi membantu mewujudkan hunian idaman. Salah satunya adalah memungkinkan pengunjung melakukan tur virtual 3 Dimensi. Mereka dapat menjelajahi seluruh area rumah, seperti kamar tamu, kamar tidur atau kamar mandi, melalui komputer maupun smartphone dari lokasi manapun.

Hal ini dimungkinkan dengan teknologi Matterport yang digunakan, sehingga konsumen yang memiliki waktu terbatas pun tetap dapat memperoleh informasi terbatas tentang lokasi dan properti pilihan mereka.

Saat ini dari hasil pantauan PropertyBatam.com, Rumah.com Property Index menyediakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia.

sumber, bisnis.com

Rate this blog entry:
0

Comments

  • No comments made yet. Be the first to submit a comment

Leave your comment

Guest Sunday, 19 August 2018

Artikel Populer

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Tanah
1
Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir
0
Generasi Milenial Optimistis Bisa Beli Rumah
0

Situs ini merupakan situs jual-beli-sewa rumah, apartemen, ruko dan tanah di Indonesia  berbayar ringan dengan harga penawaran terbaik.

Di situs ini Anda dapat bertindak sebagai pembeli atau penjual. Kami juga menawarkan keanggotaan berbayar untuk agen properti yang ingin memasang iklan jual-sewa properti ataupun iklan banner. Bergabunglah dengan kami sekarang dan nikmati keuntungannya!

Contact Us






Color Variations